Ayo Cek Ketersediaan Koleksi Yang Kalian Butuhkan Lewat OPAC (Online Public Access Catalog)

Seringkali diperpustakaan saat ini dijumpai pemustaka yang merasa kebingungan terkait mencari letak ataupun lokasi dari koleksi yang dibutuhkannya. Hal tersebut hampir tiap hari ditemukan di perpustakaan manapun. Oleh sebab itu, Perpustakaan IAIN Kendari kali ini akan mengenalkan cara penggunaan aplikasi OPAC kepada pemustaka.

OPAC adalah singkatan dari Online Public Access Catalog yang merupakan perkembangan teknologi dalam ilmu perpustakaan yang berupa sistem katalog daring yang berisi informasi tentang koleksi perpustakaan, seperti buku, jurnal, penulis, dan genre. OPAC (Online Public Access Catalog) juga merupakan sebuah fitur atau fasilitas yang dapat digunakan oleh  pengunjung/pemustaka untuk menelusur informasi mengenai letak dan keberadaan koleksi tercetak (buku) yang dimiliki oleh Perpustakaan IAIN Kendari. Adapun cara dalam menelusur koleksi yang ada di Perpustakaan IAIN Kendari dapat dilakukan melalui website https://simpus.iainkendari.ac.id/.

Setelah masuk ke website yang telah diarahkan sebelumnya maka akan muncul tampilan seperti diatas, selanjutnya pemustaka akan diarahkan untuk memasukkan kata kunci terkait subjek dari koleksi yang dicari pada kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya pemustaka mengetikkan subjek pada kolom pencarian koleksi terkait koleksi apa yang ingin dicari. Misalnya pemustaka mencari koleksi tentang ilmu hukum. Maka secara otomatis, OPAC akan menampilkan semua koleksi Hukum yang dimiliki oleh Perpustakaan IAIN Kendari.

Ketika subjek diketikkan di mesin pencarian OPAC, maka semua koleksi yang terkait dari subjek yang diketikkan akan muncul lengkap dengan identitas dari koleksi tersebut.

Ketika subjek diketikkan di mesin pencarian OPAC, maka semua koleksi yang terkait dari subjek yang diketikkan tersebut akan muncul lengkap dengan informasinya. Informasi tersebut mencakup judul serta nama pengarang dari kolekasi, letak lokasi rak ketersediaan koleksi, jumlah ketersediaan koleksi, nomor panggil atau nomor klasifikasi, jumlah halaman dan eksamplar serta ISBN dari koleksi tersebut.