UPT.Perpustakaan IAIN Kendari Menyelengggarakan Pelatihan Perpustakaan Berbasis Aplikasi

UPT.Perpustakaan IAIN Kendari menyelenggarakan pelatihan perpustakaan berbasis aplikasi yang diadakan di ruang rapat perpustakaan IAIN Kendari pada hari sabtu, 08 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa sivitas akademika IAIN Kendari, mahasiswa dan pustakawan yang berasal dari beberapa instansi. Diantaranya pustakawan dari Universitas Muhammadiyah Kendari, Perpustakaaan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Man 1 Kendari dan perwakilan dari FPTTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Sulawesi Tengggara.

Kegiatan ini dibawakan langsung oleh narasumber yang juga merupakan salah satu pustakawan perguruan tinggi negeri Islam, yaitu Bapak Joko Susilo, ST, beliau merupakan pustakawan terampil UIN Sunan Ampel Surabaya dan Ibu Ari Zuntriana, MA. yang juga merupakan pustakawan muda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Materi pelatihan ini sangatlah menarik. Bagaimana tidak, materi pertama yang dibawakan langsung oleh Ibu Ari Zuntriana ini membahas tentang penggunaan aplikasi Zotero dan aplikasi Mendelay dalam penulisan karya tulis ilmiah. Zotero merupakan program pengelolaan sitasi (kutipan,referensi dan bibliografi). Zotero merupakan aplikasi gratis yang berbasis Open Source yang berfungsi untuk menata sistem kutipan dan daftar pustaka. Sedangkan Mendelay merupakan program berbasis web yang digunakan untuk mengelola,menemukan dan berkalaborasi terkait makalah penelitian secara online. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu serta memudahkan para penulis khususnya para pustakawan, sicitas akademika maupun mahasiswa dalam hal pembuatan sitasi dan daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.

Materi kedua juga tak kalah menarik. Pasalnya materi kedua ini dibawakan langsung oleh Bapak Joko Susilo membahas terkait penggunaan aplikasi Slims Bulian 9 kepada pemustaka. Slims Bulian 9 merupakan aplikasi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan otomasi suatu perpustakaan (library automation). Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengenalan terkait penggunaan aplikasi Slims di Perpustakaan IAIN Kendari

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cenderamata oleh kepala perpustakaan IAIN Kendari kepada kedua narasumber. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengedukasi pemustaka tentang aplikasi yang digunakan di perpustakaan serta dapat terwujudnya perpustakaan digital berbasis aplikasi.

#perpustakaaniainkendari #iainkendari #zotero #mandelay #slims