HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENINGKATAN PENGATAHUAN DAN KREATIVITAS

Hari Kunjung Perpustakaan pertama kali diadakan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Peringatan ini mulai dirayakan sesuai Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan surat nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995.

Ketetapan tersebut berisi usulan Hari Kunjung Perpustakaan yang diresmikan oleh Soeharto pada 14 September 1995. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan minat literasi untuk membaca buku di perpustakaan.

Perpustakaan, sebagai jantung intelektual suatu masyarakat, memegang peran penting dalam penyebaran dan pertukaran pengetahuan. Setiap tahun, perayaan Hari Kunjung Perpustakaan menjadi momen yang dinanti-nantikan, untuk merayakan kekayaan literatur dan menghargai tempat yang memberi kita akses ke dunia ilmu. Tahun ini, Perpustakaan IAIN Kendari telah menyiapkan serangkaian acara menarik untuk merayakan peristiwa penting ini.

1. Library Tour

Library tour bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru maupun lama apa saja  ruangan dan layanan yang ada diperpustakaan, mahasiswa diajak berkeliling perpustakaan dan diajar bagaimana menggunakan layanan digital seperti penggunaan aplikasi OPAC, alat peminjaman mandiri, aplikasi e-book dan aplikasi ebsco.

2. Photo Challange

Salah satu cara yang kreatif untuk merayakan keberagaman pengetahuan dalam perpustakaan adalah melalui photo challange. Para pemustaka diberikan kesmepatan untuk mengungkapkan pandangan pribadi mereka tentang perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan inspirasi. Lewat karya foto mereka, peserta dapat mengeksplorasi sudut-sudut perpustakaan yang menarik, cerita-cerita di balik rak-rak buku, serta interaksi antara pengunjung dan koleksi yang ada.Kreativitas adalah kunci utama dalam photo challange ini. Pemustaka diharapkan mampu menangkap esensi perpustakaan secara unik dan orisinal.

3. Pembuatan Kartu Mahasiswa

Karena mahasiswa baru sudah mulai berkuliah perpustakaan IAIN Kendari membuka stan untuk pembuatan kartu perpustakaan, dengan metode pendaftaran online.

4. Pemberian Souvenir Pemberian souvenir ini diperuntukan bagi pemustaka yang datang paling cepat dan telah memfollow akun instagram perpustakaan dan menguplod foto dengan twibbon hari kunjung perpustakaan IAIN Kendari. Kepala perpustakaan bapak Moh. Safruddin, yang memberikan langsung souvenir berupa alat makan kepada pada pemustaka yang beruntung.

This Post Has 3 Comments

  1. najlepszy sklep

    Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you been running a blog for?
    you make running a blog look easy. The full look of your website is excellent,
    let alone the content material! You can see similar here e-commerce

  2. najlepszy sklep

    Wow, marvelous weblog structure! How lengthy have you been blogging
    for? you made running a blog glance easy. The entire glance of your site is great, as well as the
    content material! You can see similar here najlepszy sklep

  3. najlepszy sklep

    Wow, awesome blog structure! How lengthy have you been blogging for?
    you make running a blog look easy. The full glance of your site is magnificent,
    as smartly as the content material! You can see similar here
    sklep internetowy

Tinggalkan Balasan