You are currently viewing 8 September Adalah Hari Literasi Internasional

8 September Adalah Hari Literasi Internasional

Tahu kah kamu bahwa 8 September adalah hari literasi internasional ? Pasti belum tahu ya ? Yuk simak kita akan membahas mengenai Hari Literasi Internasional yang di peringati setiap tanggal 8 September.

Hari Literasi Internasional diperingati di seluruh belahan dunia pada tanggal 8 September dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi dalam kehidupan.  Sedangkan di tingkat dunia, Hari Literasi Internasional atau Hari Aksara Internasional pertama kali dicetuskan pada 1967 oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Hari Literasi Internasional atau hari aksara sedunia sendiri bermula di sebuah Konferensi Dunia Menteri Pendidikan untuk Pemberantasan Buta Aksara, yang diadakan di Teheran, Iran pada 8 September 1965. Saat itu, Pemerintah Republik Iran mengusulkan agar UNESCO memberikan hadiah literasi internasional untuk mereka yang berjasa dalam perjuangan melawan buta huruf. Hari Literasi Nasional atau Hari Literasi Internasional dicetuskan oleh UNESCO, sebagai langkah untuk memajukan literasi membentuk masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan. Perayaan Hari Literasi Internasional (ILD) telah berlangsung setiap tahun di seluruh dunia untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya literasi sebagai masalah martabat dan hak asasi manusia, dan untuk memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan.
Sejak Hari Aksara Internasional pertama kali diperingati pada tahun 1967, setiap tahun, masyarakat internasional rutin memperingatinya. Di luar konsep konvensionalnya sebagai seperangkat keterampilan membaca, menulis, dan berhitung, literasi sendiri dipahami sebagai sarana identifikasi, pemahaman, interpretasi, kreasi, dan komunikasi dalam dunia yang semakin digital, diperantarai teks, kaya informasi, dan berubah dengan cepat.

Perlu sobat Pustaka ketahui Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan bahasa tulis dan lisan, pengetahuan tentang genre dan cultural.  Istilah literasi atau dalam bahasa Inggris literacy berasal dari bahasa Latin literatus, yang berarti “a learned person” atau orang yang belajar. Literasi dianggap merupakan inti kemampuan dan modal utama bagi generasi muda dalam belajar dan menghadapi tantangan-tantangan masa depan. Pembelajaran literasi yang bermutu adalah kunci dari keberhasilan generasi mendatang.

Hubungan antara masyarakat maju dengan literasi sangatlah kuat. Dimana masyarakat yang dikatakan telah maju adalah masyarakat yang memiliki pengetahuan yang luas. Namun saat ini banyak orang yang mulai meninggalkan membaca buku dan lebih memilih berselancar di dunia maya melalui gawai mereka. Mengakses berbagai informasi yang terkadang tidak dapat dipertanggung jawabkan sumber dan kebenarannya. Masyarakat dikatakan maju jika mereka mendapat banyak pengetahuan dengan cara membaca buku, baik konvensional maupun melalui digital library. Sehingga korelasi antara masyarakat maju dan literasi sebenarnya sangat kuat. Nah sobat Pustaka sudah tahu kan….bahwa setiap tanggal 8 September itu adalah hari Literasi Internasional. Yuk sebagai generasi muda yang melek akan literasi, jangan sampai ketinggalan dengan informasi-informasi yang ter-update baik informasi cetak maupun lewat digital.

This Post Has One Comment

  1. najlepszy sklep

    Wow, awesome blog format! How lengthy have you been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The entire look of your
    site is magnificent, as neatly as the content! You
    can see similar here ecommerce

Tinggalkan Balasan