10 Tips Sukses Menyusun Skripsi ala Perpustakaan IAIN Kendari

Mahasiswa saat ini kerap dihadapkan dengan beberapa problema pada saat penyusunan tugas akhir. Bagaimana tidak, skripsi sering menjadi salah satu kendala mahasiswa menyelesaikan proses perkuliahannya. Diantaranya kesulitan dalam hal menyelesaikan skripsinya. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang stress karena menghabiskan waktu yang lama untuk menyelesaikan skripsi dan ada juga yang lebih memilih berhenti mengerjakannya dan tidak menyelesaikan kuliahnya. Padahal tinggal selangkah lagi untuk lulus setelah kuliah selama beberapa tahun. Kan sayang banget tuh. Nah, oleh karena itu kali ini Perpustakaan IAIN Kendari akan memberikan 10 tips sukses saat menyususn skripsi bagi mahasiswa semester akhir. Mau tahu lebih jelasnya, yuk..simak baik-baik tipsnya siapatau tips ini dapat membantu kalian menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

1. Pilih topik yang kalian pahami

Salah satu faktor yang menghambat mahasiswa mengerjakan skripsinya yaitu masalah topik yang akan dibahas. Jangan mencari topik yang idealis yang bisa menyulitkan sendiri. Carilah topik yang simpel, mudah kalian pahami dan betul-betul kalian kuasai. Cukup pikirkan hal-hal sederhana yang bisa dikaitkan dengan teori yang kalian pelajari. Jangan terlalu berekspektasi terlalu tinggi untuk terlihat keren. Menulis skripsi itu bertujuan untuk memperlihatkan sampai dimana kemampuanmu untuk memahami dan mengaplikasikan apa yang sudah kalian dapatkan selama di bangku perkuliahan.

2. Jadwalkan menulis setiap hari

Buatlah target terkait apa yang akan dilakukan setiap harinya. Dimulai dengan berkomitmen untuk menulis skripsi setiap hari dengan membuat target yang harus dicapai. Misalnya kalian bisa menulis minimal 2 halalman dalam sehari. Menulis setiap hari juga akan memudahkan kalian melanjutkan penulisan skripsi tanpa harus membuang waktu untuk mengingat ulang apa yang harus kalian kerjakan selanjutnya.

3. Ciptakan motivasi sekaligus deadline

Menyelesaikan skripsi tidak mempunyai batas tertentu. Sebaiknya kalian harus menciptakan deadline untuk diri sendiri dengan motivasi yang kuat. Memotivasi diri sendiri sangat ampuh untuk memacu semangat menulis loh. Misalnya kalian bertekad untuk mengikuti wisuda akhir tahun ini, maka jadikan itu sebagai dorongan atau motivasi untuk bisa selesai dengan cepat. Selain itu, kalian juga bisa menciptakan motivasi dengan membayangkan cita-cita yang ingin kalian raih setelah lulus nantinya.

4. Jangan terlalu bergantung dengan pembimbing

Terkadang kalian mendapati dosen pembimbing yang memiliki banyak urusan dan tugas lain yang mengakibatkan mereka sulit untuk memantau perkembanganmu secara rutin. Oleh karena itu, bertanggung jawablah dengan skripsi kalian. Jangan menghambat prosesmu hanya karena kalian menunggu arahan dari pembimbing. Maka dari itu, manfaatkanlah semaksimal mungkin waktu berkonsultasi dengan beliau. Kalian harus berusaha membuat skripsi yang bisa disetujui oleh pembimbing meskipun sulit bertemu dengan beliau.

5. Cari inspirasi

Lakukan hal-hal yang bisa membuat mood kalian senang dan siap untuk mengerjakan skripsi. Inspirasi untuk menulis tidak bisa hanya kalian tunggu kedatangannya loh, Inspirasi itu justru akan muncul apabila kalian mencarinya. Oleh karena itu, lakukan hal-hal yang membuat kalian senang dan siap untuk mengerjakan skripsi. Misalnya kalian dapat mengerjakan skripsi sambil mendengarkan lagu favorit ataupun sambil ngopi santai di cafe. Hal ini juga dipercaya dapat meningkatkan mood untuk menuangkan ide-ide baru dalam penulisan skripsi kalian.

6. Sharing dengan sesama pejuang skripsi

Adakalanya semangat pejuang skripsi mulai turun, maka tidak ada salahnya jika kalian berkumpul dengan teman-teman lain yang juga sama statusnya dengan kalian yaitu “pejuang skripsi”. Dengan begitu kalian bisa saling berbagi keluh kesah dan saling menyemangati untuk kembali menulis. Jadi tak menutup kemungkinan kalian bisa saling berbagi ilmu untuk mempermudah proses penyelesaian skripsi .

7. Buat suasana yang menyenangkan

Mengerjakan skripsi di tempat yang kondusif sangat membantu fokus kalian untuk menyelesaikannya. Jika kalian sulit berkonsentrasi dengan suasana yang berisik , maka malam hari adalah waktu yang paling ideal buat kalian. Saat kalian mudah merasa bosan, maka kalian bisa mengerjakan di cafe dengan suasana yang lebih nyaman dan tenang. Buatlah suasana senyaman mungkin agar kalian bisa lebih fokus untuk menyelesaikan skripsi.

8. Jadwalkan waktu istirahat

Buatlah target terkait apa yang akan kalian capai. Dengan mengetahui target pengerjaan skripsi secara teratur, kalian lebih mudah mengatur jadwal istirahat untuk sejenak melupakan skripsi. Ingat badan kaian punya hak untuk istirahat loh. Saat skripsi tidak mengalami kemajuan, sama saja dengan kamu tidak mengizinkan diri sendiri untuk rileks dan lepas dari rasa “buru-buru”. Bahkan kalian bisa jadi stres loh karena kepikiran hal-hal yang tidak penting dan terus menunda pekerjaan yang mengakibatkan skripsi kalian tidak kunjung selesai.

9. Kurangi kegiatan

Kesalahan besar yang masih banyak dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir diantaranya karena cukup aktif dalam berorganisasi selama kuliah. Maka dari itu kurangilah kegiatan kalian di organisasi saat kalian proses pengerjaan skripsi. Fokuskan diri kalian untuk menulis skripsi dan waktu nongkrong ataupun “me time” bisa kalian jadikan reward setelah kalian selesai mencapai target tertentu dalam penulisan penelitianmu.

10. Ingat biaya dan harapan orang tua

Proses perkuliahan tentunya sudah memakan banyak biaya. Maka dari itu pertimbangkan matang-matang saat kalian menunda untuk mengerjakan skripsi. Ada banyak hal yang harus kalian fikirkan, utamanya orang tua yang telah membiayai kuliah kalian dengan harapan kalian bisa lebih baik dari mereka dan menjadi sarjana. Ketika kalian menunda mengerjakan skripsi, maka kalian akan menghabiskan lebih banyak biaya dan menghambat proses membanggakan orang tua.

Skripsi memang menjadi ujian terbesar dalam meraih gelar sarjana. Tapi dengan doa, usaha, dan semangat yang pantang menyerah yakinlah bahwa proses perkuliahan kalian akan benar-benar tuntas sesuai dengan target.

#perpustakaaniainkendari