You are currently viewing Apa itu Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia ?

Apa itu Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia ?

Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia adalah perayaan untuk mempromosikan kenikmatan buku dan membaca. Setiap tahun, pada tanggal 23 April, perayaan diadakan di seluruh dunia untuk mengakui ruang lingkup buku – penghubung antara masa lalu dan masa depan, jembatan antar generasi dan lintas budaya. Pada kesempatan ini, UNESCO dan organisasi internasional yang mewakili tiga sektor utama industri buku – penerbit, penjual buku dan perpustakaan, memilih Ibukota Buku Dunia selama satu tahun untuk mempertahankan, melalui inisiatifnya sendiri, dorongan perayaan Hari tersebut.

23 April adalah tanggal simbolis dalam sastra dunia. Ini adalah tanggal meninggalnya beberapa penulis terkemuka, William Shakespeare, Miguel de Cervantes dan Inca Garcilaso de la Vega. Tanggal ini merupakan pilihan wajar bagi Konferensi Umum UNESCO, yang diadakan di Paris pada tahun 1995, untuk memberikan penghormatan di seluruh dunia kepada buku-buku dan penulis pada tanggal ini, dan mendorong semua orang untuk mengakses buku.

Buku, dalam segala bentuknya, memungkinkan kita untuk belajar dan terus mendapatkan informasi. Mereka juga menghibur kita dan membantu kita memahami dunia, sekaligus menawarkan jendela ke dalam keberbedaan.

Agar buku dapat mengeluarkan potensi penuhnya, buku harus mencerminkan keragaman bahasa di dunia kita. Oleh karena itu, sebagai bagian dari Dekade Internasional Bahasa Adat (IDIL), yang diluncurkan pada tahun 2022, UNESCO mendukung penerbitan buku-buku dalam bahasa Pribumi dan bahasa daerah.

Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO

#iainkendari #perpustakaaniainkendari #haribukusedunia