UPT.Perpustakaan IAIN Kendari Mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke 79

Kepala UPT.Perpustakaan IAIN Kendari bersama para stafnya mengikuti upacara HUT RI ke-79 di lapangan upacara IAIN Kendari, Sabtu 17 Agustus 2024. Upacara ini diikuti oleh sivitas akademika IAIN Kendari dan sekitar 2000 mahasiswa dan dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Prof Husain Insawan, M.Ag yang bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam pidatonya, Rektor IAIN Kendari membacakan sambutan dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang menekankan nilai-nilai kemerdekaan kepada para ASN dan mahasiswa. “ASN dan mahasiswa harus menjalin komunikasi yang efektif dan memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak demi mendukung tercapainya cita-cita nasional, serta berbagi pengetahuan untuk saling mendukung antara satu sama lain demi menghadapi tantangan dimasa yang akan datang”. ucapnya.

Rektor IAIN Kendari menghimbau agar ASN dan mahasiswa untuk berada di garis terdepan mengawal keberagaman, moderat dan toleransi serta senantiasa menyiapkan diri dengan akselerasi yang cepat, transparansi dan profesional dalam bertindak. Segala bentuk perubahan akan tersaji di depan mata dengan cara memperkuat barisan guna membawa Indonesia kepada kemajuan.

Upacara kali ini menampilkan baju adat dari berbagai daerah di Nusantara. Diantaranya baju adat Bugis, Tolaki, Muna, Buton, Mekongga, Moronene, Toraja, Jawa, Sunda, Sumatera dan Nusa Tenggara. Dalam momen ini, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Kendari, Dr.Moh Safrudin, M.Ag dan para stafnya mengenakan Baju Bodo dan Jas Tutup lengkap dengan Songkok Recca’nya yang merupakan baju adat suku Bugis. Setelah acara, kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan fashion show yang diikuti oleh seluruh fakultas, unit,lembaga dan perwakilan mahasiswa. Seluruh peserta antusias dalam semarak kemerdekaan dalam keberagaman.