UPT.Perpustakaan IAIN Kendari Menyelenggarakan Workshop Manajemen Perpustakaan

UPT.Perpustakaan IAIN Kendari menyelenggarakan workshop manajemen perpustakaan yang diadakan di ruang rapat perpustakaan IAIN Kendari pada hari sabtu, 06 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta, yang terdiri dari beberapa orang sivitas akademika IAIN Kendari, mahasiswa dan pustakawan yang berasal dari beberapa instansi. Diantaranya pustakawan yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Mandala Waluya, Universitas Avicenna, dan MAN 1 Kendari.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala UPT.Perpustakaan IAIN Kendari Dr.Moh.Safrudin., S.Ag.,M.Pd.I. Beliau menekankan akan pentingnya manajemen dan pengolahan dalam suatu perpustakaan. “Manajemen perpustakaan merupakan proses mengoptimalkan dan mengarahkan suatu perpustakaan dalam memberikan pelayanan guna mencapai tujuan dan fungsi dari perpustakaan itu sendiri, dengan manajemen perpustakaan yang baik, diharapkan perpustakaan dapat menjadi pusat sumber belajar yang efektif bagi seluruh sivitas akademika”, ujar beliau.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman dibidang perpustakaan, Ibu Dr.Labibah., M.LIS. Beliau adalah kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan juga merupakan ketua umum asosiasi perpustakaan perguruan tinggi Islam (APPTIS). Beliau menekankan pembuatan program dalam manajemen perpustakaan harus berbasis solusi terhadap problem plus impact keberadaan suatu perpustakaan. Beliau juga menjelaskan topik penting seperti pengelolaan koleksi diperpustakaan, pelayanan kepada pemustaka, strategi dalam peningkatan pelayanan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu perpustakaan. Peserta workshop juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait tantangan dan solusi dalam pengelolaan perpustakaan.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cenderamata oleh kepala perpustakaan IAIN Kendari kepada narasumber. Kegiatan seperti ini sangat diharapkan untuk mengelola perpustakaan khususnya perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan terhadap perpustakaan. Dengan adanya workshop ini, UPT.Perpustakaan IAIN Kendari berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan guna mendukung proses belajar mengajar serta penelitian dan pusat informasi pengetahuan khususnya di lingkup IAIN Kendari.

#perpustakaaniainkendari #iainkendari #manajemenperpustakaan