VISITASI LAPANGAN, ASESOR KEMENAG RI KUNJUNGI UPT PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI

March 22, 2021

Kendari, (UPT Perpustakaan) – Dua asesor yang ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan visitasi lapangan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dalam rangka tranformasi IAIN Kendari Menuju Universitas ISlam Negeri ISlam Kendari, pada hari Jumat, 19 Maret 2021. 

Tim asesor yang ditunjuk langsung untuk melakukan visitasi lapangan adalah Prof. Dr. Ahmad Thib Raya selaku Asesor Tranformasi Kelembagaan PTKIN, dan juga Ahmad Mahfud Arsyad yang merupakan Kepala Seksi Penjaminan Mutu Kelembagaan pada Subdirektorat Kelembagaan dan Kejra Sama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendis. 

Didampingi oleh Rektor IAIN Kendari dan Pejabat lainnya, tim asesor melihat langsung ke lapangan fasilitas pendukung seperti ruaang perkuliahan, laboratorium, perpustakaan , ruang komputer dan lain sebagainya. 

Dua asesor tersebut mengunjungi UPT Perpustakaan IAIN Kendari dan melihat langsung fasilitas dan layanan yang digunakan pada UPT perpustakaan IAIN Kendari mulai dari pengisian data pengunjung perpustakaan yang terletak pada lantai satu , alat peminjaman mandiri (RFID Selfcheck), alat penelusuran koleksi perpustakaan atau Online Public Accsess Catalogue (OPAC) dan juga BI Corner yang terletak pada lantai dua UPT Perpusrtakaan IAIN Kendari . 

“Kemudian perpustakaannya juga dengan peralatan-peralatan yang luar biasa. menurut saya, sangat wajar kalau IAIN Kendari harus secepatnya berubah status menjadi UIN Kendari. Semoga yang belum terpenuhi dalam waktu dekat bisa dilengkapi,” katanya. 

Prof. Ahmad berharap harapan seluruh civitas akademika IAIN Kendari dapat menjadi UIN segera terwujud.

“karena kalau IAIN Kendari berubah menjadi UIN Kendari, maka tidak hanya kebanggan masyarakat muslim yang ada di Kendari, tapi akan menjadi kebanggana seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara.” Katanya.

Visitasi lapangan perubahan bentuk kelembagaan dari IAIN Kendari menjadi UIN Kendari juga dihadiri oleh ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh, yang menandakan dukungan kelembagaan dari representasi masyarakat sultra terhadap kehadiran UIN Kendari. Abdurrahman Shaleh juga menyampaikan dukungannya dan kepeduliannya terhadap keinginan IAIN Kendari beralih status menjadi UIN Kendari.

“kegiatan hari ini adalah kegiatan yang telah lama dinantikan, tidak hanya sivitas akademika IAIN Kendari tetapi juga masyarakat Sultra. HAri ini merupakan momen berharga bagi IAIN kendari karena telah mencapai fase atau tahapn penting menuju perubaan bentuk kelembagaan IAIN Kendari menjadi UIN Kendari” kata Rektor IAIN Kendari, Prof. Faizah Binti Awad, Saat menyampaikan sambutan selamat datang.

Abdurrahman shaleh juga menaruh harapan besar kepada asesor agai IAIN kendari bisa secepatnya menjadi UIN, Sehingga akan menjadi kebanggan bagi Provinsi Sulawesi Tenggara.

No Comments

Comments are closed.