BEDAH BUKU : Maqashid Kesehatan & Etika Medis Dalam Islam (Sintesis Fikih Dan Kedokteran) karya Dr. Ashadi L., Diab, MA., M.Hum.

October 7, 2019

BEDAH BUKU : Maqashid Kesehatan & Etika Medis Dalam Islam (Sintesis Fikih Dan Kedokteran) karya Dr. Ashadi L., Diab, MA., M.Hum.

Penyelenggara : UPT Perpustakaan IAIN Kendari

Kegiatan bedah buku merupakan salah satu cara efektif menyampaikan pemikiran penulis atau pengarang buku, dimana UPT Perpustakaan IAIN kendari menyelenggarakan kegiatan bedah buku bagi mahaiswa pada Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad M.Pd, mengatakan “Saya sangat berterimakasih dan bangga dengan adanya Bedah Buku Maqashid Kesehatan dan Etika Medis dalam Islam, karena ini sesuai dengan Visi Misi IAIN Kendari untuk menjadi pusat Kajian Islam Transdisipliner di Asia,” Ujar Rektor saat membuka acara di Gedung Auditorim IAIN Kendari. (5/10/19). Kegiatan ini juga mengundang para Dosen Ahli di bidang Agama, Dr. Abdul Ghaffar M.Thi (Dosen Hadist Fuad IAIN Kendari/peneliti LPAPER) dan Ilmu Hukum, Dr. Kamaruddin,S.Ag.,SH.,MH. (Dosen Ilmu Hukum Faksya IAIN Kendari). Kegiatan bedah buku ini merupakan agenda tahunan perpustakaan IAIN Kendari, ungkap, Tilman, S.Sos., MM Kepala Perpustakaan IAIN Kendari Buku adalah jendela dunia, ungkapan bijak yang benar adanya. Membaca buku memperluas wawasan kita dan dapat mengubah pola pikir kita menjadi lebih open minded terhadap perkembangan dan ide-ide baru. Begitu pula ketika kita membaca buku Maqashid Kesehatan & Etika Medis Dalam Islam (Sintesis Fikih Dan Kedokteran) karya Dr. Ashadi L., Diab, MA., M.Hum. Kita bisa mengetahui bahwa praktik kedokteran dalam Islam mencakup segala upaya yang ditempuh untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit, baik yang dilakukan secara individu maupun secara kolektif. Upaya tersebut tentu dengan syarat tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Hadits. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedokteran Islam meliputi hal-hal seperti pencegahan penyakit, proses pengobatan, akses obat-obatan dan hal-hal lain yang merupakan bagian dari peraktik kesehatan. Syariat Islam telah meletakkan aturan-aturan yang menyangkut pelayanan dan perawatan kesehatan, termasuk kesehatan masyarakat dan Negara secara luas serta memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap ilmu kedokteran modern yang berkembang saat ini. Maqashid Syariah merupakan sesuatu yang penting demi terwujudnya kemaslahatan agama dan dunia. Sehingga kalau hal tersebut tidak tercipta maka akan menimbulkan bahkan hilangnya hidiup dan kehidupan. Acara bedah buku seperti ini diharapkan akan dapat mengasah intelektual kita dan memahami isi buku ini secara mendalam, baik kekurangan maupun kelebihannya. Menyadari hal tersebut, maka acara bedah buku seperti ini tentunya sangatlah bermanfaat, baik bagi penulis, penerbit maupun para pembaca sekalian

No Comments

Comments are closed.