PERMUDAH AKSES PEMBACA, UPT PERPUSTAKAAN SIAPKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

October 30, 2017

Kendari, (Humas) – UPT. Perpustakaan IAIN Kendari kian memaksimalkan pelayanan dengan membuka layanan perpustakaan digital. Dengan layanan ini, memudahkan pengunjung untuk mengakses informasi yang ada di perpustakaan, baik dari aspek pelayanan administrasi, sirkulasi, serta informasi katalog buku. Kemudahan yang ditawarkan merupakan salah satu upaya terkini yang dilakukan dalam rangka meningkatkan minat baca di kalangan mahasiswa.

Sebagai bukti keseriusan mengimplementasikan layanan berbasis online tersebut, UPT Perpustakaan melaksanakan workshop perpustakaan berbasis Informasi Teknologi dengan mengundang pengelola Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta, Fatchul dan Edi untuk melakukan pendampingan dan berbagi pengalaman dengan pengelola Perpustakaan IAIN Kendari.

Perpustakaan UIN SUKA masuk dalam kategori 10 besar perpustakaan terbaik secara nasional serta tercatat dalam Rekor MURI sebagai pengguna pertama system Radio Frequency Identification (RFID) yaitu metode identifikasi benda dalam hal ini buku dengan menggunakan gelombang radio.

Atas prestasi itu, UPT perpustakaan IAIN Kendari berharap dapat memperoleh tambahan wawasan dan mengadopsi system pelayanan perpustakaan berbasis IT dan instalasi automasi digital library. Seperti yang diungkapkan Wakil Rektor III IAIN Kendari, Moh. Yahya Obaid, dalam sambutannya saat membuka kegiatan workshop tersebut di Aula Perpustakaan, Rabu (23/8/17).

“Sudah saatnya kita mengubah budaya layanan manual menjadi layanan digital dan online untuk lebih memudahkan akses informasi dan penggunaan layanan secara efektif dan efisien” tuturnya.

Kepala UPT. Perpustakaan IAIN Kendari, Raehang, yang ikut hadir pada kegiatan itu menyampaikan komitmennya untuk menghadirkan layanan prima pada UPT yang dipimpinnya itu. “Melalui dukungan yang diberikan pimpinan, UPT Perpustakaan akan terus berupaya menyiapkan fasilitas yang mendukung perkembangan perpustakaan kedepannya” paparnya.

UPT. Perpustakaan IAIN Kendari merupakan satu-satunya perpustakaan di kampus biru ini yang melayani mahasiswa program sarjana pada empat Fakultas yang ada, berikut mahasiswa program Pascasarjana. Saat ini terdapat 42 ribu koleksi buku dari berbagai bidang ilmu.

Abdul Muiz, salah seorang pengelola perpustakaan IAIN Kendari mengatakan, pelayanan perpustakaan digital akan menyelesaikan persoalan keterbatasan akses hasil penelitian skripsi dan tesis mahasiswa. “Selama ini cukup sulit untuk melacak judul penelitian mahasiswa yang telah ada, sehingga dapat memicu berulangnya judul penelitian yang sama. Oleh karena itu perpustakaan berbasi IT ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut”, ungkap dosen alumni Al Azhar, Cairo ini.

Kegiatan workshop Perpustakaan akan berlangsung selama tiga hari sampai 25 Agustus 2017. Harapannya, dalam waktu yang relatif singkat ini pengelola Perpustakaan dan staff IT pada fakultas dapat menguasai sistem operasional pengelolaan Perpustakaan Digital . (am/liv)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *